Minggu, 04 Maret 2012

Pusat Informasi & Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja (PIK-KRR)

   
Definisi PIK KRR:
Suatu wadah yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja dalam memperoleh informasi dan
pelayanan konseling tentang kesehatan reproduksi.

Tujuan PIK-KRR
* Memberikan informasi KRR,
* Pendidikan Keterampilan/ kecakapan hidup (life skills),
* Pelayanan konseling dan rujukan KRR

Tegar Remaja dalam rangka tercapainya Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera

Sasaran:
* Pembina
* Pengelola PIK-KRR
* Pendidik Sebaya
* Konselor Sebaya

Ruang Lingkup:
* Pemberian Informasi KRR,
* Keterampilan/kecakapan hidup (life skills),
* Pelayanan konseling,
* Rujukan,
* Pengembangan jaringan dan dukungan,
* Kegiatan-kegiatan pendukung lainnya sesuai ciri & minat remaja


2. PENGEMBANGAN DAN PENGELOLAAN PIK-KRR
A. Arah
* PIK-KRR dikembangkan dan dikelola dari, oleh dan untuk remaja
* PIK-KRR sebagai sumber informasi KRR
* Kegiatan PIK-KRR: “ramah remaja”
* PIK-KRR sbg wadah mengintegrasikan upaya peningkatan assests dan pengembangan
resources

B. Tahapan Pengembangan
Tumbuh Tegak Tegar

Didasarkan pada :
* Materi dan isi pesan (assets) yang diberikan;
* Ciri kegiatan yang dilakukan; dan
* Dukungan & jaringan (resources) yang dimiliki

C. Ciri-ciri Tahapan
TUMBUH
Materi dan isi pesan (assets) yang diberikan
1. TRIAD KRR
2. Pendalaman materi TRIAD KRR
3. Pemahaman tentang hak-hak reproduksi

Kegiatan yang dilakukan
1. Dilakukan di tempat PIK-KRR berada
2. Bentuk aktifitas bersifat penyadaran (KIE)
3. Menggunakan media cetak
4. Pencatatan

Dukungan & jaringan (resources) yg dimiliki
1. Ruang khusus
2. Memiliki papan nama
3. Struktur pengurus
4. Dua orang Pendidik Sebaya yang dapat diakses

TEGAK
Materi dan isi pesan (assets) yang diberikan1. TRIAD KRR
2 Pendalaman materi TRIAD KRR
3. Pemahaman tentang hak-hak reproduksi
4. Kecakapan hidup (life skills)
5. Keterampilan advokasi

Kegiatan yang dilakukan
1. Di dalam dan di luar PIK-KRR
2. Bentuk aktifitas bersifat penyadaran (KIE)
3. Melakukan konseling
4. Menggunakan media cetak dan elektronik
5. Pencatatan
6. Advokasi & promosi utk mengembangkan jaringan pelayanan
7. Menarik minat remaja

Dukungan & jaringan (resources) yg dimiliki
1. Ruang khusus dan ruang pertemuan
2. Memiliki papan nama
3. Struktur pengurus
4. 4 org Pendidik Sebaya
5. 2 org Konselor Sebaya
6. Jaringan dgn pelayanan medis dan non medis (Sistim rujukan)

TEGAR
Materi dan isi pesan (assets) yang diberikan
1. TRIAD KRR
2. Pendalaman materi TRIAD KRR
3. Pemahaman tentang hak-hak reproduksi
4. Kecakapan hidup (life skills)
5. Keterampilan advokasi
6. Pendalaman advokasi

Kegiatan yang dilakukan
1. Di dalam dan di luar PIK-KRR
2. Bentuk aktifitas bersifat penyadaran (KIE)
3. Melakukan konseling
4. Menggunakan media cetak dan elektronik
5. Pencatatan
6. Advokasi utk meningkatkan kualitas & keberlangsungan PIK-KRR
7. Menarik minat remaja
8. Pelayanan lain sesuai kebutuhan remaja
9. Akses pd jaringan internet
10. Melibatkan jaringan (rujukan)

Dukungan & jaringan (resources) yg dimiliki
1. Ruang khusus dan ruang pertemuan
2. Memiliki papan nama
3. Struktur pengurus
4. 4 org Pendidik Sebaya
5. 4 org Konselor Sebaya
6. Jaringan dgn pelayanan medis dan non medis (sistim rujukan)
7. Memiliki konseling hotline
8. Memiliki perpustakaan
9. Ada sarana & prasarana jaringan internet
10. Ada jaringan dengan:
11. Kelompok remaja
12. Orang tua
13. Guru
14. PIK-KRR lain
15. Ada organisasi induk pembina PIK-KRR

3. MEKANISME PENGELOLAAN PIK-KRR
A. Pembentukan PIK-KRR
B. Pengembangan dan Peningkatan Kualitas PIK-KRR
C. Kegiatan Penunjang
D. Konsultasi dan Fasilitasi

A. Pembentukan PIK-KRR
Tujuan:
Membentuk PIK-KRR
Sasaran:
a. Utama : Kelompok-kelompok remaja
b. Pengaruh : Aktivis Remaja/ Institusi Pemuda/ PS/ KS
c. Penentu : Kepala Desa, Pimpinan Sekolah, Pimpinan Ponpes, Pimpinan Instansi/ Perusahaan
Indikator:
Adanya PIK-KRR tahap TUMBUH

Langkah-langkah kegiatan :
Sarasehan anggota kelompok remaja dalam rangka pembentukan PIK-KRR dan pengurus PIK-KRR
1. Konsultasi dan koordinasi untuk memperoleh dukungan/ persetujuan pimpinan setempat (desa, sekolah, ponpes dan tempat kerja)
2. Menyusun program kegiatan
3. Meresmikan pembentukkan PIK-KRR (“launching”)

C. KEGIATAN PENUNJANG
1. Peningkatan Komitmen
2. Promosi dan Sosialisasi PIK-KRR
3. Pemberdayaan SDM
4. Administrasi dan Pengelolaan


4. PENCATATAN DAN PELAPORAN

Tujuan :
Mendokumentasikan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh PIK-KRR.
Pencatatan
1. Aspek substansi:
a. Materi dan isi pesan yang diberikan
b. Ciri kegiatan yang dilakukan
c. Dukungan & jaringan yang dimiliki
2. Aspek proses:
a. Pelayanan oleh PS
b. Pelayanan oleh KS
c. Pelayanan oleh tenaga medis

Pelaporan
* Sesuaikan dgn kesepakatan antara PIK-KRR dan institusi pembinanya.
* BKKBN melakukan pendataan untuk mengetahui data potensi wilayah (sekali/thn), termasuk jumlah PIK-KRR pada masing-masing wilayah.